Jumat, 19 Maret 2010

Dunia Maya, "Perpustakaan" Terbesar Manusia

Perpustakaan terbesar yang pernah dibuat manusia bukanlah Perpustakaan Alexandria ataupun Perpustakaan Congress di Washington DC, akan tetapi perpustakaan terbesar sebenarnya terletak di dunia maya yang tak dibatasi oleh ruang dan waktu. Perpustakaan Dunia Maya bisa diakses kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja yang memiliki akses internet. Perpustakaan ini merupakan sumber informasi dan inspirasi terbesar saat ini dan mungkin akan lebih besar lagi di masa yang akan datang.

Pada perpustakaan dunia nyata, kita mencari buku-buku atau informasi yang diperlukan dengan cara melihat katalog perpustakaan baik manual atau digital kemudian menemukan lokasi atau rak tempat buku itu berada. Pada perpustakan dunia maya, kita tidak perlu bersusah payah melangkahkan kaki untuk mencari informasi. Kita cukup mengetikkan kata kunci dari informasi yang kita butuhkan pada berbagai mesin pencari yang tersedia di dunia maya. Kita tidak perlu menunggu sampai perpustakaan buka karena perpustakaan dunia maya beroperasi selama 24 jam penuh.

Sebagai penyedia letak penyimpanan informasi dunia maya, mesin pencari memegang peranan vital dalam hal ini. Berbagai mesin pencari berlomba-lomba untuk menyediakan layanan terbaik untuk para penggunanya agar dapat memberikan hasil pencarian yang paling relevan sesuai keinginan pencari informasi. Tidak hanya para penyedia letak penyimpanan informasi yang saling berkompetisi, akan tetapi para penyedia informasi juga ikut berlomba agar informasi yang diberikan bisa terdaftar dan yang terpenting bisa ditemukan oleh pencari informasi.

Berbagai motivasi mulai dari kesenangan pribadi sampai mencari pendapatan dengan memberikan informasi mewarnai kompetisi penyediaan informasi dunia maya. Para penyedia informasi bahkan melakukan berbagai penelitian tentang bagaimana caranya agar informasi yang dia berikan bisa muncul di halaman depan dari berbagai mesin pencari khususnya mesin-mesin pencari yang sudah banyak dikenal oleh orang-orang dunia maya.

Oleh karena sifatnya yang tak dibatasi oleh ruang dan waktu, berbagai informasi baik yang bersifat membangun maupun yang bersifat merusak bisa anda temui di perpustakaan ini. Hal ini merupakan kebijakan sepenuhnya dari para pengguna untuk dapat menyaring informasi mana yang berguna dan mana yang malah merusak. Walaupun demikian, berbagai usaha untuk menyaring informasi sudah dilakukan oleh para pemain dunia maya agar supaya dunia ini tetap mengedepankan etika dan budaya dari masing-masing pengguna seperti dalam dunia nyata. Era globalisasi lebih dipercepat dengan adanya perpustakaan dunia maya karena para pencari informasi bisa mendapatkan informasi dari setiap penjuru dunia dan begitu juga dengan para penyedia informasi dari setiap sudut bumi bisa menempatkan informasinya di perpustakaan ini.

Tidak ada komentar: